Komitmen Upaya Konservasi Lingkungan, Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field Benahi Kebun Raya Anggrek

9e08923d-17c9-4919-b66b-24addf60177c-640x375

TARAKAN – PT. Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field menunjukkan komitmennya untuk fokus terhadap  bidang konservasi lingkungan. Kali ini akan membenahi Kebun Raya Anggrek di Kelurahan Pantai Amal, Kota Tarakan.

Dipilihnya Kebun Raya Anggrek, karena Pertamina EP Asset 5 Tarakan ingin tetap menjaga kelestarian sejumlah jenis Anggrek khas Tarakan yang dibubidayakan di dalamnya, termasuk tanaman anggrek langka yang ada di Green House Kebun Raya Anggrek.

“Salah satu upaya tambahan kita untuk meningkatkan konservasi lingkungan di Kota Tarakan, kita berupaya juga untuk mengembangkan varian tanaman anggrek yang khas di kota Tarakan,” ujar Relation & Formalities Staff Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field Kikie Muhamat Rijkie, Jumat (19/3/2021).

Langkah awal sudah dilakukan Pertamina Tarakan Field. Seperti kegiatan peningkatan kapasitas berupa pengenalan dan pelatihan budidaya tanaman Anggrek kepada sejumlah penggiat tamanan hias dan mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT), Jumat (19/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan pelatihan terkait budidaya Anggrek Hitam dan Dendrobium dalam wadah pot bunga, dengan narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tarakan dan pelatihan pembuatan herbarium kering oleh Universitas Borneo Tarakan.

Dilaksanakannya kegiatan tersebut, menurut Kikie, sekaligus menghidupkan kembali tanaman Anggrek dan menginventaris jenis-jenis tanaman anggrek yang sudah ada.  Selain melaksanakan pelatihan, pihaknya juga akan melakukan explore tanaman Anggrek pada Senin (22/3/2021) bersama peneliti dari Univeristas Borneo Tarakan.

Selain melakukan peningkatan kapasitas, Pertamina Asset 5 Tarakan Field juga membenahi insfrastruktur di kawasan Kebun Raya Anggrek. Di antaranya dengan membenahi ruang informasi dan membangun smart green house.

Melalui pembenahan kebun Anggrek, pihaknya juga ingin meningkatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang tanaman hias seiring sedang trennya budidaya tanaman hias.

“Harapan kami juga sesuai dengan tujuan dan misi kami ini bisa menjadi roda ekonomi baru buat masyarakat Kota Tarakan khususnya buat pengurus yang ada di sini,” harapnya.

Dalam pembenahan Kebun Raya Anggrek, Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field tidak hanya bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, tapi juga dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Tarakan untuk mempromosikan menjadi eko wisata baru di Tarakan. Bentuk kerjasama seperti menggelar paket pelatihan maupun pengenalan tanaman Anggrek.

Upaya ini, menurut Kikie, sudah digagas sejak 2020 lalu dengan melakukan koordinasi, sinergitas program dan menggelar Forum Group Discution (FGD). Dan pada tahun ini mulai direalisasikan program-program yang sudah disusun. (adv/jkr-1)

Bagikan Yuk
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Leave a comment

Your email address will not be published.